Selasa, 16 September 2014

Peran Teknologi dalam melestarikan budaya Indonesia


Di Zaman serba modern ini, manusia tidak asing akan istilah teknologi, orang bilang sih tidak mengikuti perkembangan zaman itu kuno, deso, katro. namun  berkaitan dengan sebuah budaya, Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang di suatu daerah tertentu dan diwariskan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki berjuta ragam budaya.  budaya tersebut bisa kita pelajari dengan cara berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda dan berlatih untuk menyesuaikan perbedaan-perbedaan tersebut. Namun pertanyaannya, bagaimana kita mempelajari suatu budaya dari daerah-daerah tersebut? kembali ke teknologi,  Teknologi sosial media adalah teknologi yang sangat mudah didapat dan digunakan, nah dengan memanfaatkan media teknologi seperti internet kita akan mudah untuk menyebar ataupun mempelajari kekayaan budaya tersebut. Secara tidak langsung, kebudayaan Indonesia akan berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi. Karena di zaman ini teknologi seakan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia.

Namun problem selanjutnya dalam perkembangan dan kebudayaan adalah “Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia yang mulai tergeser oleh budaya asing ?”
Disinilah peran kita sebagai
generasi muda, untuk turut serta dalam menyuarakan kebudayaan Indonesia di kancah nasional maupun Internasional.  Jalannya perkembangan teknologi yang dibarengi dengan melestarikan kebudayaan Indonesia, pasti akan lebih cepat dikenal oleh dunia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia akan lebih mempertahankan kebudayaannya dan tidak akan mudah terkikis oleh kebudayaan asing.

Dari internet kita bisa menggunakan media elektronik andalan seperti smartphone, tablet, laptop untuk memudakan kita mengakses dan meyebarkannya kepada khalayak ramai. Dari media gadget tersebut kita bisa membuat Blog dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia, mengupload video misal tentang tarian adat sunda, jawa dan lain sebagainya. Kita pun bisa memanfaatkan social media sebagai ajang promosi melestarikan kebudaayan Indonesia dengan membuat fanbase agar semakin banyak orang yang tertarik untuk kembali mempromosikannya kepada orang lain dan seterusnya seperti itu.
 

Intinya adalah kita sebagai masyarakat Indonesia harus ikut serta dalam mempertahankan kebudayaan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang pesat. Dengan begitu, semua masyarakat Indonesia akan merasakan dampak positif dari penggunaan teknologi tersebut. Karena jika bukan kita, lantas siapa lagi? Kalau bukan sekarang, ya kapan lagi? Penyebaran teknologi secara merata kepada masyarakat Indonesia, pasti akan berdampak pula dengan penyebaran kebudayaan Indonesia yang secara merata pula.
Salam Smekthree !


0 komentar:

Posting Komentar