Selasa, 23 September 2014

Media komunikasi masa depan (The Next Techno Creator)


Handphone, merupakan salah satu alat atau media untuk berkomunikasi. Bentuknya yang mudah di genggam memungkinkan kita untuk membawanya kemana-mana. Bersamaan dengan teknologi yang semakin maju, handphone berkembang dengan sangat pesat. mulai dari handphone berukuran mini yang hanya memiliki enam tombol dengan antena mungil di atasnya, sampai dengan handphone super tipis dengan spesifikasi luar biasa yang telah menggunakan Operating Sistem seperti halnya computer. Namun di banding computer handphone di kemas lebih praktis sehingga lebih mudah di bawa kemana pun dan kapan pun kita bisa menggunakannya. Handphone luar biasa ini biasa kita sebut dengan smartphone atau (Handphone pintar).  Perkembangan smartphone pun mengalami kemajuan sangat cepat, biasanya smartphone mengusung Operating System Android, besutan dari Google. Namun selain android ada juga iOs dari Apple, Bada, Blackberry Os, Firefox Os, MeeGo Os, Palm Os, Symbian, webOs, Windows Phone sampai UBuntu Mobile bisa di sematkan dalam perangkat smartphone.

mungkin anda akan bertanya dari mana asal muasal smartphone di ciptakan? Atau apa smartphone pertama di dunia? Oke! Kita akan membahas tentang smartphone berOS Android yang saat ini sedang di gandrung-gandrungi oleh orang banyak. Ialah HTC Dream, merupakan smartphone besutan produsen ponsel asal Taiwan pertama di dunia yang mengusung OS Android. Awal kemunculannya, HTC Dream muncul dalam wujud ponsel berlayar sentuh dengan sliding keyboard. HTC Dream menjadi perangkat pertama berbasis Android yang diketahui saat Komisi Komunikasi Federal di Amerika Serikat (FCC) memberikan pengesahan pada pertengahan Agustus 2008 lalu. Smartphone ini kemudian dirilis di AS pada tanggal 22 Oktober 2008. Saat itu HTC Dream dijual seharga US$ 129,9 dengan kontrak 2 tahun untuk T-Mobile dan US$ 399 tanpa kontrak. Android yang digunakan pun benar-benar versi awal, yaitu Android 1.0 hingga yang paling canggih Android 1.5 Cupcake dan Android 1.6 Donut. Spesifikasi dari smartphone ini pun cukup menarik, Layar yang digunakan adalah model TFT-LCD 3,2 inci yang dilengkapi dengan tampilan resolusi HVGA 320x480p dan capacitive touchscreen. Sedangkan CPU yang digunakan adalah prosesor berbasis ARM MSM7201A dari Qualcomm yang berkekuatan 528 MHz dan RAM 192 MB. Kapasitas penyimpanan hanya 256 MB dengan tambahan lewat slot microSD hingga 1 GB.
Ponsel pintar ini juga sudah memiliki accelerometer untuk mengetahui orientasi untuk auto rotation yang sekarang umum dikenal banyak orang. Masalah kamera, HTC membenamkan kamera 3,2 MP dengan fitur autofocus. Tapi HTC Dream hadir tanpa flash yang bertuuan untuk membantu pengambilan gambar di kondisi minim cahaya. Dengan menggunakan sistem operasi yang dimiliki Google, HTC Dream sudah dilengkapi dengan fitur dari Google. Seperti Gmail, Google Talk, Google Maps, dan YouTube. Di versi awal Android, seperti sistem rooting pun sudah dilakukan di HTC Dream. Dengan root yang dilakukan komunitas, pengguna bisa menjadi superuser untuk dapat mengubah tampilan, modifikasi tampilan, hingga memungkinkan Wi-fi tethering.

Itu adalah sekilas ulasan tentang smartphone pertama yang mengusung OS Android. Harapan untuk generasi smartphone selanjutnya, semoga semakin banyak inovasi terbaru yang di ciptakan, guna memperkaya model, serta kualitas dari smartphone tersebut. Mulai dari resolusi gambar, layar, model, aplikasi, processor, RAM, kamera, sound / suara, batrai, serta masih banyak lagi yang harus di perhatikan untuk mendapatkan karya yang terbaik. 

0 komentar:

Posting Komentar